menu

Review - Custom server VS serverpilot


Hello everyone,

Kali ini codedoct akan mencoba sebuah experiment untuk membandingkan sebuah server yang dibuat dengan custom/manual konfigurasi dan server yang dibuat dan dimaintenance dengan menggunakan serverpilot.

Serverpilot merupakan sebuah aplikasi atau engine yang dibuat untuk mempermudah seorang developer dalam membuat, menjalankan, dan maintenance websitenya pada sebuah server.

Bagi anda yang tidak terlalu paham dengan OS server seperti Ubuntu, centOS dan sejenisnya, serverpilot tentu sangat membantu dalam hal mengkonfigurasi webserver anda, karena dengan serverpilot anda tidak perlu lagi mengkonfigurasi apapun seperti install php, enable site, konfigurasi HOST, dan lain-lain pada server, karena serverpilot sudah mengatur semuanya untuk anda.

Dengan konfigurasi yang serba otomatis lalu bagaimana dengan performa server yang diinstall dengan menggunakan serverpilot ini?

Berikut ringkasannya,





Dari data-data tersebut dapat kita lihat bahwa performa server yang dikonfigurasi dengan serverpilot cukup bagus dan tidak kalah dibandingkan dengan konfigurasi manual, tapi ada beberapa konfigurasi yang dapat kita lakukan dengan mudah pada server custom, tapi sangat sulit jika dikonfigurasikan pada serverpilot. Dan satu hal lagi, serverpilot ini tidak gratis hehehe..

===DONE!!!===