menu

How - Switch php version on ubuntu


Sudah sebulanan tidak update blog dikarenakan masih proses penyesuaian bekerja pada kantor baru, akhirnya bisa kembali ngeblog.

Kantor baru laptop-pun baru dan terpaksa harus setup ulang, pada kantor lama lebih sering pakek OS Windows sekarang dikantor baru full menggunakan ubuntu untuk kebutuhan coding hehe,.,.

Oke, minggu kemarin saya sudah clone semua project yang dibahas pada website ini dan menjalankanya pada laptop kantor yang baru dan semuanya lancar, kecuali pada tutorial membuat website sederhana menggunakan php.

Hal ini dikarenakan saat develop project tersebut saya menggunakan php5.6 sedangkan laptop baru saya menggunakan php7.0 untuk itu saya harus mengganti php7.0 saya dengan php5.6 ingat! mengganti dalam hal ini mendisable php7.0 dan mengenable php5.6 bukan menghapus dan menginstall yang baru.

Dikarenakan laptop baru saya hanya ada php7.0 maka saya harus install terlebih dahulu php5.6 tanpa harus menghapus php7.0 karena keduanya bisa diinstall secara bersamaan.

Untuk memastikan saja install kembali kedua versi php tersebut dengan cara seperti ini,
sudo add-apt-repository ppa:ondrej/php
sudo apt-get update
sudo apt-get install php7.0 php5.6 php5.6-mysql php-gettext php5.6-mbstring php-mbstring php7.0-mbstring php-xdebug libapache2-mod-php5.6 libapache2-mod-php7.0

Untuk menswitch-nya dengan cara seperti ini,
dari php7.0 ke php5.6
- apache
sudo a2dismod php7.0 ; sudo a2enmod php5.6 ; sudo service apache2 restart
- cli
sudo update-alternatives --set php /usr/bin/php5.6

dari php5.6 ke php7.0
- apache
sudo a2dismod php5.6 ; sudo a2enmod php7.0 ; sudo service apache2 restart
- cli
sudo update-alternatives --set php /usr/bin/php7.0

Pada saat mengaktifkan php7.0 kita juga harus mengaktifkan proxy_fcgi karena merupakan require pada php7.0 begitupun sebalikya saat php7.0 dinonaktifkan maka proxy_fcginya juga harus dinonaktifkan, caranya.
- nonaktifkan
sudo a2dismod proxy_fcgi proxy; sudo service apache2 restart
- aktifkan
sudo a2enmod proxy_fcgi proxy; sudo service apache2 restart

===DONE!===