menu

How - Change url phpmyadmin


Phpmyadmin merupakan url yang disediakan untuk mengelola database sebuah project, default dari url phpmyadmin biasanya diletakkan pada 'localhost/phpmyadmin' tentu saja hal ini tidak secure jika project tersebut dionlinekan, karena siapapun bisa saja mengakses database project tersebut.

Itulah sebabnya mengganti url phpmyadmin pada project yang sudah online adalah sebuah keharusan untuk menghindari aksi hacking.

Oke langsung saja kita praktekkan pada project yang kita miliki, jika anda mengikuti tutorial pada website ini maka ada baiknya anda sudah mencapai pada tahap ini.

Caranya cukup mudah,
Pertama silahkan buka terminal ubuntu anda, kemudian ketikkan code berikut,
$ vim /etc/phpmyadmin/apache.conf

Maka akan muncul tampilan vim yang berisikan konfigurasi dari phpmyadmin, selanjutnya pada baris ketiga silahkan ganti 'Alias' sesuai dengan keinginan anda misalnya seperti ini.
# phpMyAdmin default Apache configuration

Alias /ganti_sesuai_yang_anda_inginkan /usr/share/phpmyadmin

<directory phpmyadmin="" share="" usr="">

.
.
.

Terakhir silahkan buka kembali url phpmyadmin anda dan ganti phpmyadmin dengan alias yang sudah anda buat dalam tutorial ini urlnya sudah diganti menjadi 'localhost/ganti_sesuai_yang_anda_inginkan'.

Mudah bukan?

Jika tidak terlalu mengerti cara menggunakan vim silahkan lihat disini.
Jika vim not recognize pada ubuntu anda, silahkan install lihat disini atau bisa menggunakan text editor lainnya seperti atom atau nano

===DONE!===