menu

Ruby - Install Ruby on Ubuntu


Masih suasana lebaran, kali ini saya akan memulai tutorial ruby on rails.

Berbeda dengan tutorial Laravel on PHP yang sudah saya posting, tutorial Ruby on Rails kali ini akan saya terapkan pada ubuntu tidak pada windows. Dikarenakan agar saya tidak lupa syntax-syntax pada terminal ubuntu hehe..

Oke pada posting kali ini saya akan menginstall Ruby pada ubuntu, jika anda ingin meginstall Ruby pada windows silahkan klik disini.

Cara yang saya gunakan untuk menginstall Ruby pada tutorial ini menggunakan metode rbenv karena menurut saya pada pengembangannya  rbenv ini sangan mudah digunakan, sedangkan versi Ruby yang akan diinstall adalah ruby version 2.3.1.

Sangat dianjurkan mengerti syntax ubuntu terlebih dahulu.

Langsung saja kita ke tutorialnya,,

Pertama, tentu saja buka terminal anda kemudian install beberapa library pendukung Ruby.
//update all apt 
sudo apt-get update 
//install library pendukung Ruby 
sudo apt-get install git-core curl zlib1g-dev build-essential libssl-dev libreadline-dev libyaml-dev libsqlite3-dev sqlite3 libxml2-dev libxslt1-dev libcurl4-openssl-dev python-software-properties libffi-dev

jika ada pertanyaan seperti ini ketik "y" saja


Selanjutnya, install Ruby dengan metode rbenv dengan syntax ini.
//pastikan berada pada path user home 
cd 

//download or clone rbenv 
git clone https://github.com/rbenv/rbenv.git ~/.rbenv
echo 'export PATH="$HOME/.rbenv/bin:$PATH"' >> ~/.bashrc
echo 'eval "$(rbenv init -)"' >> ~/.bashrc
exec $SHELL

//download or clone plugin rbenv 
git clone https://github.com/rbenv/ruby-build.git ~/.rbenv/plugins/ruby-build
echo 'export PATH="$HOME/.rbenv/plugins/ruby-build/bin:$PATH"' >> ~/.bashrc
exec $SHELL

rbenv install 2.3.1
rbenv global 2.3.1
ruby -v

Terakhir install bundler
gem install bundler

sehingga hasilnya akan menjadi seperti ini.


===DONE!===